RAPAT LAPORAN EVALUASI PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI

OLEH TIM RB PENGADILAN  AGAMA JAKARTA TIMUR

 

Jum’at, 24 Maret 2017, bertempat di ruang aula lantai 3, Pengadilan Agama Jakarta Timur menggelar rapat tentang Laporan Monitoring & Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Pengadilan Agama Jakarta Timur. Rapat yang dibuka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Jakarta Timur, Andi Subhi, S.Sos., MM., ini menurutnya mengacu pada:

  1. SK Plt. Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 17/SEK/OT.01.2/01/2017 tanggal 11 Januari 2017 tentang Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi atau Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi;
  2. SK Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Republik Indonesia Nomor : B/01/M.RB.06/2017 tanggal 19 Januari 2017 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur Dan Pengawasan;
  3. SK Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 63/SEK/OT.01.2/02/2017. Tanggal 20 Februari 2017, tentang Persiapan Evaluasi Reformasi Birokrasi (PMPRB);

4.      SK Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor :0720/DjA/OT.01.2/02/2017, tanggal 27 Februari 2017 tentang Laporan Evaluasi Reformasi Biroktrasi;

 

Dalam pembinaan dan pengarahan dari Ketua, Drs. Moh. Yasya, S.H., M.H dalam rapat tersebut mengingatkan bahwa, saat ini seluruh elemen aparatur peradilan harus merubah mindset untuk pelayanan yang lebih prima. Kalau dahulu, bekerja secara apa adanya, maka sekarang ini, dengan banyaknya regulasi, kebijakan, dan peraturan yang telah dikeluarkan oleh badan otoritas, yang harus ditaati, maka perubahan mindset tersebut harus dirubah. Karena kedepannya, Aparatur Sipil Negara (ASN) akan diterapkan sistem assessment, yang dengan sistem tersebut, meminimalkan jumlah ASN, akan tetapi lebih efektif dan efisien. Sistem tersebut menurutnya lebih memenuhi unsur keadilan bagi aparatur karena tuntunan era saat ini yang lebih fairless.

Oleh karena itu, -masih menurut Ketua- setiap pegawai harus berpacu dalam meningkatkan kemampuan/skill dan profesionalitasnya untuk peningkatan kualitas pelayanan, serta selalu mempersiapkan diri menjadi terbaik dibidangnya masing-masing.  Disamping itu, memanfaatkan aplikasi dan IT guna mempermudah pekerjaan dan upaya meningkatkan disiplin juga menjadi sorotan Bapak Ketua Pengadilan Agama Jakarta Timur dalam arahan dan pembinaannya.

 

Laporan Monev RB oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Timur

           

Ketua Tim RB Pengadilan Agama Jakarta Timur, Dr. Ahmad Mujahiddin, S.H., M.H., memaparkan hasil monitoring & evaluasi pelaksanaan RB yang telah dikerjakan oleh Tim RB Pengadilan Agama Jakarta Timur. Pelaksanaan kegiatan RB ini didasarkan SK Ketua Pengadilan Agama Jakarta Timur Nomor : W9-A3/2374/HK.05/III/2017 tentang Tim Reformasi Birokrasi pada Pengadilan Agama Jakarta Timur, dan SK Ketua Nomor : W9-A3/2378/HK.05/III/2017 tentang Tim Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi pada Pengadilan Agama Jakarta Timur.

Pengadilan Agama Jakarta Timur sebagai bagian lembaga pelayanan publik dibidang yudikatif, terus berupaya melakukan manajemen perubahan sebagai alat dalam mencapai tujuan dan program reformasi birokrasi. Manajemen Perubahan di Pengadilan Agama Jakarta Timur merupakan pendekatan yang terstruktur dan terukur  dalam rangka membawa Pengadilan Agama Jakarta Timur mencapai kinerja yang lebih baik. Sementara Reformasi Birokrasi sebagai langkah yang menentukan dalam pencapaian kemajuan lembaga Pengadilan Agama Jakarta Timur. Reformasi Birokrasi dalam konteks manajemen perubahan tersebut meliputi perubahan di dalam struktur organisasi, proses, pola pikir, dan budaya kerja. Keberhasilan pelaksanaan Reformasi Birokrasi sangat memerlukan dukungan manajemen perubahan, karena ia merupakan inti dari manajemen perubahan tersebut.

Seiring dengan Program Reformasi Birokrasi yang dicanangkan Mahkamah Agung, Sejak Tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 Pengadilan Agama Jakarta Timur telah melaksanakan program reformasi birokrasi. Program tersebut dilaksanakan secara terstruktur, terukur dan massive. Salah satu buah keberhasilan dalam menjalankan program tersebut, Pengadilan Agama Jakarta Timur telah mendapatkan pengakuan internasional  dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2008 tahun 2016.

Adapun program-program lain yang telah dilaksanakan Pengadilan Agama Jakarta Timur adalah sebagai berikut :

  1. Program Reformasi Birokrasi yang berfokus pada penataan organisasi, perbaikan tata kerja, pengembangan sumber daya manusia, perbaikan sistem reward and punishment dan manajemen dukungan teknologi dan informasi;
  2. Pembentukan kelompok-kelompok kerja (tim) pembaruan peradilan yang dibentuk khusus untuk mempercepat implementasi agenda prioritas pembaruan peradilan;
  3. Percepatan penyelesaian perkara;
  4. Upaya meningkatkan kualitas hakim dan aparatur peradilan, melalui DDTK dan diskusi hukum;
  5. Perbaikan tata kelola kerja dan budaya kerja dibidang kepaniteraan dan kesekretariatan;
  6. Keterbukaan informasi sebagaimana SK Ketua Mahkamah Agung No. 144/KMA/SK/VIII/2007 Tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan;
  7. Penguatan sistem pengawasan internal dan penguatan Hawasbid dan tim penegak disiplin.

 

Menindaklanjuti Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung, pada Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2014 Pengadilan Agama Jakarta Timur menjalankan program reformasi birokrasi dengan berfokus pada 8 (delapan) area, yaitu:

1.        Manajemen Perubahan;

2.        Penataan peraturan perudang-undangan;

3.        Penataan dan Penguatan organisasi;

4.        PenataanTata Laksana;

5.        Penataan Sistem Manajemen SDM;

6.        Penguatan Akuntabilitas;

7.        Penguatan Pengawasan; dan

8.        Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

 

Di bidang E-Goverment Pengadilan Agama Jakarta Timur juga telah melaksanakan kebijakan Mahkamah Agung dengan menjalankan dan menerapkan aplikasi :

1.    SIMARI,

2.    Komdanas,

3.    SIADPA Plus,

4.    SIPP,

5.    Dokumen Elektronik sebagai kelengkapan permohonan Kasasi dan Peninjauan Kembali (PK),

6.     Direktori Putusan,

7.     SIKEP dan

8.    Apliikasi elektronik lainnya.

 

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi RB di Pengadilan Agam Jakarta Timur menjadi sangat penting dikarenakan dalam rangka mencapai dan mewujudkan Visi dan Misi Mahkamah Agung RI dan Pengadilan Agama Jakarta Timur.|Red-Hisni

PILIH BAHASA

PIMPINAN

AGENDA PIMPINAN

July 2018
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31 1 2 3 4

SIPP WEB

Online Support

WHISTLEBLOWING SYSTEM